Header Ads

Aktor "Star Trek" William Shatner Juga Penasaran Dengan Batuan Misterius Mars

http://astronesia.blogspot.com/
Perbandingan dua foto Pancam dari sol 3528 dan 3540 Opportunity (sol adalah hari Mars).Perhatikan perbedaan itu,ada batu yang tiba-tiba muncul pada foto disebelah kanan.

AstroNesia ~ Misteri batu aneh yang tiba-tiba muncul di depan rover Opportunity di Mars memang sangat menghebohkan dunia.Bahkan aktor "Star Trek" William Shatner ingin tahu apa sebenarnya batu itu,yang terlihat seperti donat jelly.

Shatner, yang memerankan Kapten James Kirk pesawat Enterprise di "Star Trek," menanyakan pada NASA tentang batuan Mars yang ditemukan oleh Opportunity via Twitter saat konferensi pers pada penemuan terbaru Opportunity bulan lalu.

"Kami punya pertanyaan lain dari Twitter, kali ini dari William Shatner," kata juru bicara NASA Guy Webster pada acara 23 Januari bulan lalu. "Dia ingin tahu apakah Anda telah mengesampingkan pelempar batu Mars dalam kasus donat jelly.

Anda dapat melihat pertanyaan Shatner dalam video NASA di bawah ini. Tampaknya muncul pada menit 2:32 detik.



"Saya pikir pelempar batu Mars tidak mungkin, meskipun kita akan menjaga mata kita tetap terbuka bagi mereka," kata Squyres. "Kami benar-benar memiliki skenario lain yang masih dipikirkan."Kami juga belum bisa mengesampingkan kemungkinan dengan pasti bahwa tidak ada hantaman kawah yang baru terbentuk di dekatnya, dan batu itu adalah bagian dari puing-puing yang terlempar oleh dampak kecil. "

Asal usul batuan Mars dalam foto Opportunity telah memicu teori liar lainnya,termasuk beberapa klaim bahwa itu adalah calon kehidupan (itu sebenarnya hanya sebuah batu, Squyres dan ilmuwan lainnya stres).Salah satu pendukung klaim kehidupan itu bahkan telah mengajukan gugatan terhadap NASA mengenai misteri batuan tersebut. Baca ini : Ilmuwan Kontroversi Menggugat NASA Karena Tidak Menginvestigasi Kehidupan Alien Di Mars

"Kami pikir skenario yang paling mungkin adalah batu itu tidak terlempar dari dampak kawah,melainkan terlempar karena salah satu roda rover," kata Squyres. "Dan kita akan mengambil dan melihatnya dari dekat sesegera mungkin".

NASA rover Opportunity mendarat di Mars pada 24 Januari 2004, hanya beberapa minggu setelah kembaran robot nya Spirit mendarat. Kedua rovers ini sudah melewati waktu misi resminya,tapi Spirit mengalami kerusakan pada tahun 2010 sementara Opportunity terus mengeksplorasi Planet Merah sampai hari ini.

Jangan lupa follow twitter kami di @Berita_astronomi

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.